Beranda
/
Artikel
/
UI Corpora
/
Indonesia Women Leaders Forum 2023 Pengaruh Kepemimpinan Perempuan Di Kancah Nasional Dan Internasional
Indonesia Women Leaders Forum 2023 - Pengaruh Kepemimpinan Perempuan di Kancah Nasional dan Internasional

Indonesia Women Leaders Forum 2023 - Pengaruh Kepemimpinan Perempuan di Kancah Nasional dan Internasional

Monday, 08 Jan 2024
|

Universitas Indonesia melalui unit usahanya Daya Makara dan UI Leadership Developmen Center (UI LDC) menggelar Indonesia Women Leaders Forum 2023 dengan tema EmpoweringHer: Smart, Confident & Resilient Women Leaders pada 30 November hingga 1 Desember 2023 di Assembly Hall Menara Mandiri, Jakarta. Dihadiri lebih dari 200 perempuan pemimpin, acara ini menghadirkan para tokoh-tokoh penggerang perempuan yang menginspirasi dari berbagai bidang seperti pemerintahan, BUMN, korporasi, perusahaan, pengusaha, bahkan peneliti universitas sebagai narasumber.

T. M. Zakir Machmud, Ph.D, Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit usaha di lingkungan Universitas Indonesia mengatakan sebagai universitas yang mewakili semangat perkembangan dan kemajuan bangsa, UI ikut bangga dengan kemajuan perkembangan kepemimpinan di Indonesia dan khususnya kepemimpinan perempuan yang makin terlihat pengaruhnya di lingkup nasional bahkan internasional. Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), Bapak Zakir mengatakan proporsi perempuan di Tanah Air sudah mencapai angka 32,26 persen pada 2022. Sejalan dengan itu, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial mengalami kenaikan yang terbaca sejak tahun 2015 hingga 2022, dari tingkat 22,32 persen pada 2015 menjadi 32,26 persen pada 2022."Kenaikan 2 digit ini tentunya punya arti yang cukup besar di lapangan. Angka ini sempat menyentuh 33,08 persen pada 2020, kemudian menurun di tahun 2021 sebesar 32,5 persen dan berlanjut mengalami penurunan hingga tahun 2022 di tingkat 32,26 persen. Peran perempuan sebagai pemimpin semakin terasa dengan Kepedulian pada lingkungan, pendidikan dan hal lain nya. Perempuan dapat membuktikan bahwa perempuan menjadi pemimpin yang cerdas, tangguh, kuat dan maju.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan saat ini porsi perempuan di Indonesia setengah dari populasi penduduk. Peran perempuan akan turut menentukan arah pembangunan ke depan. "Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak, karena pada dasarnya pemberdayaan perempuan bukan tentang pemberian kekuasaan tetapi memberikan peran untuk bisa tumbuh dan tangguh menghadapi kemajuan zaman," ujar Bintang. Universitas Indonesia melalui unit usahanya UI LDC mengumpulkan para pemimpin perempuan dengan mengadakan Indonesia Women Leaders Forum 2023 dengan tema EmpoweringHER: Smart, Confident & Resilient Women Leaders.

Forum di gelar selama dua hari bertujuan supaya para pemimpin perempuan mau membawa kepemimpinan mereka ke tingkat lebih tinggi, dengan sepenuhnya merangkul dan memanfaatkan keunikan perempuan, kemampuan, kekuatan khas dan ketahanan mereka. Para nara sumber adalah Putri Nurul Haka, Direktur Manajemen Risiko Bank Indonesia, Masyita Crystallin Staf Khusus Menteri Keuangan RI, Tina Kemala Intan dari PT Pupuk Indonesia dikenal sebagai Srikandi BUMN, Michellina Triwardhany Presdir Prudential, Melissa Hamid dari HIPMI Womenpreneur, Lula Kamal, Dewi Syarifah dari Fakultas Psikologi UI dan Mia Siscawati dari Sekolah Kajian Strategis dan Global UI, serta Sari Chairunissa dari Paragon.Pada hari ke dua 1 Desember 2023 Indonesia Women Leaders juga mengangkat topik Partnering for Success yang mengangkat sisi para pria yang banyak bekerja dengan para perempuan pemimpin. IWLF menghadirkan Istamar dari Google Indonesia, Isma Natanegara dari Inke Maris PR, dan Martin William dari Daya Dimensi Indonesia.Para partisipan mengikuti acara dua hari ini tidak hanya mendengar dari para pakar, tapi juga berdiskusi dengan partisipan lainnya.

Diharapkan membawa pulang pengetahuan, pengalaman dan gagasan-gagasan yang akan diterapkan dan dapat pengaruh, meningkatkan kontribusi perempuan Indonesia bagi negara dan bangsa. UI Leadership Development Center  (UI LDC) akan terus memberikan pelatihan dan pendidikan non gelar bagi para pemimpin perusahaan yang mempunyai visi untuk makin maju dan berkembang baik hingga mampu berkontribusi bagi bangsa Indonesia.











UI Corpora Update